Pages

Rabu, 06 Agustus 2014

SERBA KUTIL KUTIL

Penyebab Penyakit Mata Ikan + Cara Mengobati dan Menghilangkan Mata Ikan di Telapak Kaki

Apakah pernah dengar istilah penyakit mata ikan? Tidak peduli apakah anda pernah mengalaminya atau tidak tapi sebaiknya anda membaca artikel tentang penyebab penyakit mata ikan plus cara mengobati dan menghilangkan mata ikan di telapak kaki karena bisa sangat menjengkelkan bila tidak segera diobati
Mudah-mudahan sekarang anda tidak sedang mengalaminya. Di sini saya mau berbagi bagaimana menyembuhkan mata ikan di kaki. Menurut yang sudah pernah mengalami “Sumpah gan sakit banget mata ikan itu apalagi kalo lagi jalan kaki apalagi maen bola..!!”

Pengenalan Penyakit Mata Ikan

Penyakit mata ikan atau disebut dengan Verruca Plantaris, Verruca merupakan hiperplasi epidermis akibat pertumbuhan epithel yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus tipe tertentu yang termasuk golongan Papova Virus.
Orang awam menyebutnya ”kutil” atau ”Warts”. Verruca memiliki beberapa nama berdasarkan lokasinya yaituVerruca Vulgaris (Common Warts)dengan predileksi khususnya di ekstremitas bagian ekstensor, Verruca Plantaris (Plantar Warts) dengan predileksi pada telapak kaki, Verruca Plana (Flat Warts) dengan predileksi pada muka dan leher, dan Condyloma Accuminata (Genital Warts).
Epidemiologi verruca tersebar kosmopolit dan transmisinya melalui kontak kulit maupun autoinokulasi. Menurut American Podiatric Medical Association (APMA), verruca plantaris sering didapatkan pada anak-anak dan remaja dengan usia 12-16 tahun.
Insidennya akan lebih tinggi lagi pada pengguna tempat mandi bersama (anak kost, anggota kebugaran) dengan frekuensi perempuan sedikit lebih banyak dari laki-laki.
Sesuai namanya, Verruca plantaris atau biasa disebut mata ikan adalah verruca yang terletak pada telapak kaki, terutama yang banyak mengalami penekanan.
Verrucajenis ini disebabkan oleh HPV tipe 1. Lokasi tersering pada telapak kaki yaitu pada area midmetatarsal. Didapatkan beberapa lesi sekaligus pada satu telapak kaki yang kadang-kadang bergerombol dan juga dapat berdiri sendiri-sendiri.
Ini penampakan penyakit mata ikan. Maaf ya bila gambarnya terlihat menjijikan. (⌣́_⌣̀)
Verruca Plantaris
Nah di bawah ini ulasan tentang mata ikan dan pengalaman orang yang telah menghilangkan mata ikan di telapak kakinya.

Tentang Mata Ikan

Mata ikan atau klavus merupakan penyakit yang sering terjadi dan di derita oleh banyak orang, baik pada pria maupun wanita. Timbulnya klavus terkadang berhubungan dengan beberapa penyakit lain, antara lain adanya gangguan saraf tepi akibat kencing manis (Diabetes), atau pada penderita arthritis rematoid (salah satu jenis rematik) menjadi tanda sudah ada perubahan sendi tulang-tulang kaki.

Penyebab Mata Ikan

Mata ikan disebabkan oleh kebersihan yang kurang terjaga, misalnya sepatu atau kaus kaki kurang bersih, lembab, atau jarng diganti, selain itu juga disebabkan oleh tekanan atau gesekan yang berlebihan yang terus menerus.

Cara Mengobati dan Menghilangkan Mata Ikan di Telapak kaki

Jika penyakit mata ikan tidak mengganggu biarkan saja, namun jika mengganggu pengobatannya adalah:
1. Operasi, hanya saja klavus akan tumbuh kembali jika faktor tekanannya tidak dihilangkan. Pada dasarnya, menghilangkan mata ikan dengan melakukan operasi kecil adalah cara cepat untuk menghilangkan rasa nyeri biaya operasi mata ikan rata-rata 200.000 saja. Karena dengan operasi kecil, akan mengeluarkan inti mata ikan atau eksisi total.
Namun, jika ingin mengangkat mata ikan tanpa operasi, dapat dicoba dengan
1. Mengoleskan salep keratolik pada mata ikan tersebut, atau
2. Memberikan obat-obat oles yang dapat menipiskan lapisan kulit yeng menebal yaitu obat yang mengandung urea, asam glikolat/malat/salisilat (kalo di apotik mereknya callusol). Saya pernah pake obat oles ini, kerjanya mengikis sel kulit mati sedikit2 hingga nanti mata ikannya keliatan akarnya sehingga bisa dicabut.
3. ROKOK (ya rokok), tapi berhubung lama saya dengar saran teman-teman disuruh pakai  panas rokok. Saya dekatkan nyala rokok ke mata ikan ane jarak 0,5 cm.
Panas sih tapi kerasa ada yang putus2 gtu di kaki, akar mata ikannya putus ternyata. Saya rutin sehari 3 x 5 menit menyundut rokok ke mata ikan. Dalam seminggu sembuh mata ikannya lepas dari kaki saya. Besarnya hampir kaya kacang kedelai.

Tips Pencegahan:

Untuk mencegah timbulnya mata ikan pada kaki, harus diperhatikan alas kaki yang dipakai selama ini, sudah nyaman atau terlalu sempit. Ganti kaus kaki secara rutin.
Ingat pencegahan lebih baik daripada mengobati.

Pengalaman Operasi

Pengalaman seseorang yang melakukan operasi untuk mengangkat penyakit mata ikan ini:
Ini penyakit udah gw derita dari 4 bulan. Awalnya sih kecil, letaknya ada di sela-sela jari jempol sama jari sebelahnya. Pertama kayak kutil, rasanya sedikit ngeganggu krn posisinya pas banget kena kl gw make sendal jepit.
Lamban laut risi juga yah, gw udh mulai searching di internet, minta berbagi pengalaman sm temen yg udah pernah kena juga. Dan akhirnya gw mutusin untuk mengambil langkah membeli “Callusol”.
Itu sesudah 2 bulan yah, krn mata ikannya udh mulai membelah. Rajin deh aku tetesin. Lama2 bukannya bener malah makin ga jelas. Kakiku makin terkikis dagingnya. Lama-lama makin abis dan makin dalem. Rasanya udah ga karuan, apalagi pas abis bangun buat jalan. Udah ga tahan lah pokoknya.
mata ikan
mata ikan
Akhirnya karena gw udah ga tahan ngerasain sakit, gw putusin utk di operasi. Gw pikir sih cmn operasi biasalah cmn di angkat apa mungkin dilaser biar mati tuh mata ikannya.
Setelah konsultasi, dokter memutuskan untuk tindakan besoknya ga bisa saat itu juga. Karena gw harus tindakan bius total jadi wajib puasa 6 jam.
Dan akhirnya hari itupun tiba. Gw yang nota bene phobia bgt sama darah hrs masuk ruang operasi. Badan panas dingin, tp demi satu tujuan, berjalan dengan nyaman gw jabanin dah nih operasi.
Setelah melihat dokter beserta para assistenya menyuntik, menempel bbrp alat ke dadaku.. dan tiba2 ada yg membangunkanku, “mas udah selesai operasinya”. Mata masih berasa berat dan cmn ada sesuatu di tanganku yg tiap bbrp menit seperti memompa dan selang di hidung gw. Masih sedikit berasa tak percaya ternyata operasi itu sdh bener dilakukan.
Setelah dibawa kembali ke ruang ODC (one day care) suster memberi tahu hasil operasiku. Benar2 terkejut menyaksikan apa yg selama ini ada di kaki gw. Seperti daging sebesar jempol tangan. (ಠ_ರೃ) hik
penyakit mata kaki
Edunn ga tuh, yg udh bersemayam di kaki gw selama 4 bulan. Gw sih mengambil kesimpulan, krn mungkin udh telat yah alias udh terllau lama jd jaringan mata ikan itupun membesar. Kata orang yang selama ini mata ikan itu matanya mirip mata ikan segede bulir kacang ijo rasanya udh ga bisa diterima dengan apa yg gw alami.
Saat menulis ini, sudah 4 hari aku pasca operasi. kakiku msh diperban krn bolong setelah dibelek dan diangkat tuh mata ikan. Besok rencana aku mau kontrol sembari ganti perban.

0 komentar:

Posting Komentar