Pages

Senin, 14 Juli 2014

GOA TERDALAM DI DUNIA

Biasanya Gua kita temui dengan alur horizontal, lain lagi dengan Krubera sebuah gua dengan postur Vertikal dengan kedalaman mencapai 2.000 meter. Krubera atau yang lebih dikenal dengan nama Gua Voronya terletak di Distrik Gagra,  Abkhazia atau tepatnya diwilayah pegunungan Kaukasus Gergia.

Krubera gua terdalam di bumi
Photo by Avaxnews via Amusing Planet
Gua ini dinamakan Krubera sesuai dengan nama Ahli Geografi yang menemukan dan mengekploirasi kedalamannya untuk pertama kalinya yaitu Alexander Kruber. Sementara nama Voronya yang dalam bahasa Russia berarti “Gua Gagak”, dikarenakan selama tahun 1980 Burung Gagak banyak bersarang di mulut gua. Walaupun telah dinamai Krubera sesuai penemunya nama Voronya lebih terkenal.
voronya gua terdalam di bumi
krubera gua terdalam di bumi-3
Photo by Avaxnews via Amusing Planet
Gua Krubera bukan satu-satunya gua yang ada di sana, ada ratusan gua lainnya di sekitar wilayah pegunungan itu, beberapa diantaranya sangat dalam yang mencapai 1.000 meter. Namun Gua Krubera mengungguli semuanya dengan kedalaman 2.197 meter. Gua ini tadinya bukan Gua yang terdalam di bumi, sampai tahun 2001 gelar gua terdalam masih dipegang oleh Gua Lamprechtsofen yang terletak di Pegunungan Alpen Austria.
Seperti ditulis Amusing Planet, Gua Krubera sejatinya adalah sistem gua yang terdiri dari sumur-sumur vertikal yang saling terhubung. Pintu masuknya relatif sempit, tetapi semakin ke dalam semakin lebar. Pada kedalaman 200 meter, gua terbagi menjadi dua cabang utama yaitu Non-Kuybyshevskaya dan Main. Pada kedalaman 1.300 meter gua masih terbagi lagi menjadi banyak cabang. Di dasar, siapapun yang mengeksplorasi kedalaman gua akan menemukan ‘harta karun’ berupa kolam berwarna biru jernih dengan batu-batu stalaktit yang menjuntai dari dinding gua.
voronya gua terdalam di bumi
Photo by Avaxnews via Amusing Planet
Saat ini Krubera menjadi tujuan yang sangat populer untuk ekspedisi. Apalagi dengan kepopuleran film fiksi ilmiah Journey To The Center of The Earth yang diilhami dari novel klasik berjudul sama karangan Jules Verne. Gua Krubera yang memang mirip dengan deskripsi gerbang menuju pusat bumi di cerita rekaan tersebut jadi sumber imajinasi dan tujuan wisata para pecinta petualangan.
Subhanallah, sungguh luar biasa alam ciptaan Allah SWT. manusia hanya mengagumi semua ciptaannya. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda.

0 komentar:

Posting Komentar