Pages

Kamis, 28 April 2016

CARA TARIK UANG DI PAYOONER

Kali ini saya akan membahas tentang cara tarik tunai payoneer di ATM bank lokal (mandiri), sebetulnya bisa di ATM mana saja asal berlogo master card dan yang saya pernah coba diantaranya BNI, BRI, BCA, CIMB NIAGA, dan Mandiri. Karena ATM terdekat adalah mandiri maka kali ini saya hanya memberi contoh cara tarik saldo payoneer di atm mandiri dan mungkin lain kali akan saya update dengan ATM bank lokal lainnya.


Cara Tarik Tunai Payoneer Di ATM Bank Lokal

CARA TARIK TUNAI PAYONEER DI ATM BANK LOKAL - MANDIRI

Sebetulnya cara mencairkan saldo payoneer di ATM hampir sama dengan cara tarik tunai kartu kredit, perbedaannya tentu saja saat melakukan penarikan akan dilakukan konversi dari dollar ke rupiah dan tentu nilai tukarnya berbeda mengikuti kurs yang berlaku saat kita melakukan penarikan tunai, dan berikut adalah caranya :
  • Masukan kartu debet payoneer anda
  • Pilih Bahasa lalu Masukan PIN (4 digit) kemudian tekan Enter
  • Pilih Jenis Rekening - Kredit (ingat kredit jangan yang lain)
  • Pilih Jenis Transaksi - Penarikan Jumlah Lain, lalu masukan jumlah yang ingin anda tarik dalam rupiah (maksimal batas tarik tunai di atm mandiri 1.250.000) jadi jangan melebihi jumlah tersebut atau transaksi anda akan gagal dan akan dikenakan biaya $1 dari saldo payoneeranda. Jika sudah yakin pilih Benar
  • Tunggu uang keluar dan selesai
Cukup mudah bukan tarik tunai payoneer di mandiri, sebetulnya saya buat videonya tapi karena kualitasnya kurang bagus dan memory hp tidak cukup menampung akhirnya video terpotong maka saya tidak jadi upload ke YouTube (mungkin lain kali saya akan buat beserta video cara mencairkan uang payoneer di ATM)

CATATAN SEBELUM ANDA TARIK TUNAI PAYONEER DI ATM BANK LOKAL

Sebelum anda lakukan penarikan saldo payoneer di atm sebaiknya anda perhatikan hal-hal berikut:
  1. Pastikan jumlah rupiah yang akan anda tarik mencukupi dari saldo payoneer anda, lakukan perhitungan konversi dollar ke rupiah menggunakan kurs yang berlaku dan kurangi minimal $3 untuk biaya transaksinya.
  2. Pastikan anda ingat PIN anda, karena sekali salah transaksi anda akan dikenakan denda $1
  3. Pastikan jumlah penarikan tidak melebih batas maksimal transaksi tarik tunai di ATM tersebut, setiap bank biasanya beda, seingat saya kalau di CIMB Niaga maksimal 2 juta rupiah. Denda menanti anda jika gagal transaksi ($1)

Perhitungan Nilai Tukar Dollar Ke Rupiah Payoneer Saat Tarik Tunai Di ATM

Sebetulnya saya jarang memperhatikan detail perhitungan transaksi yang dikurangi (detailnya) saat tarik tunai di ATM termasuk berapa biaya penarikannya, tapi kali ini saya coba hitung-hitung dan hasilnya adalah sebagai berikut :

Cara Tarik Tunai Payoneer Di ATM Bank Lokal
  • Rupiah yang saya ambil : Rp. 500.000 (lima ratus ribu)
  • Saldo payoneer yang terpotong totalnya $47.35 (detailnya biaya penarikan atau Withdrawal fee $2,75 jadi 47,35 - 2,75 = 44,6) jadi $44,6 lah yang akan saya konversi ke rupiah untuk mengetahui berapa kurs yang digunakan payoneer saat tarik di ATM. Perhitungannya  500.000 / 44,6 = 11,210.76 
Kesimpulannya kurs yang dipakai adalah Rp. 11,210.76 per $1, jumlah ini lebih kecil sekitar 300 rupiah (kurang lebih) jika dibandingkan dengan kurs mandiri saat saya lakukan penarikan.
Tips untuk anda sebelum tarik tunai di ATM, jika uang yang ingin anda cairkan lebih dari 1,250,000 sebaiknya jangan di mandiri karena maksimalnya 1,250,000 dan tentu saja setiap kali menarik akan dikenakan withdrawal fee (kasus saya $2,75), coba di bank lain yang memiliki batas maksimal paling besar seperti CIMB Niaga karena saya pernah coba maksimalnya adalah 2.000.000

0 komentar:

Posting Komentar